Imelda. SE

Anak kedua dari enam bersaudara pasangan H Drs Jaswandi Dt.Mudo dan Hj Yuniar, sekarang mengajar di MTsN 17 Tanah Datar Mata Pelajaran IPS. Berdomisili Di Galog...

Selengkapnya
Navigasi Web
BEBERAPA FAKTA TENTANG BALANGO ATAU GERABAH (tantangan Hari 3)

BEBERAPA FAKTA TENTANG BALANGO ATAU GERABAH (tantangan Hari 3)

Balango sudah ada sejak zaman pra –aksara dan masih digunakan pada masa sekarang ini.

2. Balango bentuknya sederhana namun unik.

3. Balango dibuat dengan cara yang sederhana dan bahan yang sederhana tanpa alat-alat yang canggih dan merupan industri kecil rumah tangga.

4. Balango dijual dengan harga yang murah meriah.

5. Balango bisa digunakan ditungku kayu ataupun kompor gas apalagi kompor minyak dia bisa beradaptasi dengan baik.

6. Dari dulu sampai sekarang terkanal kalau kita masak nasi, gulai dan sejanisnya dengan balango di jamin rasanya pasti enak.

7. Balango tidak bisa dikerasi karena dia mempunyai diri yang sensitif, kalau kita terlalu keras kepadanya otomatis dia akan pecah.

8. Balango di jamin aman untuk merebus obat-obatan, dari dulu sampai sekarang kalau kita akan merebus obat-obatan disarankan untuk memakai balango

9. Bentuk lain dari balango adalah kendi, gunanya adalah untuk menyimpan air minum, air yang disimpan dalam kendi tersebut sejuk dan meyehatkan. 10. Balango yang dibuat dengan ukuran yang sangat besar disebut dengan pariuak rasan, itu digunakan untuk menyimpan beras yang akan dimasak, ini merupakan tempan penyimpan beras yang aman karena kalau meyimpan beras dalam waktu yang lama didalamnya dijamin beras tidak akan dihinggapi kumbang beras.

11. Kalau ingin membuat bika pasti enaknya pakai balango kecil dari tanah liat

12. Bentuk lain karya dari tanah liat ini banyak sekali seperti selengan yang dibuat dari beragam bentuk, fas bunga yang cantik dan menarik serta bentuk-bentuk lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terbayang....sedaaap bila dimasak dalam balango.Kerennnn

29 May
Balas

Wah...baru tahu nama indoseianya Balango ya . Di kmpung saya juga ada kl disunda ibu saya biasa menyebut pariuk. Dulu pernah sangrai biji melinjo di alat itu. Juga memasak gulai. Hmm..lezat. keren bu

29 May
Balas

biasanya masak apapun dengan belango, enaknya luar biasa,,, sukses selalu

29 May
Balas

Ok

29 May

Sangat baik untuk alat masak, tapi lamanya ini membuat orang tak sabar. Sehingga menggunakan bahan alumunium yg kurang baik unt alat masak.

30 May
Balas

Buat rebus obat Herbal juga bagus itu

29 May
Balas

Betul sekali

29 May

Betul sekali

29 May

Betul sekali

29 May

Betul sekali

29 May



search

New Post